Kamis, 22 Desember 2011

Enzyme Linked Immunosorbent Assay (ELISA)


By Erpi Nurdin, S.Si.


Telah digunakan untuk berbagai keperluan mendiagnosis infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, atau untuk serodiagnosis lainnya. Teknik ELISA juga telah dikembangkan dalam bentuk kit diagnostik, dimana prosedur penentuannya dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan spektrofotometer atau Elisa reader.

Tipe metode Elisa :
1. Metode Direct
2. Metode Indirect
3. Metode Competitive elisa
4. Metode Sandwich / Capture Elisa


Elisa metode Direct yaitu antigen berikatan dengan antibodi yang mengikat Enzim, di bantu dengan penambahan substrat  membentuk kompleks warna.
Elisa metode Indirect yaitu antigen berikatan dengan antibodi Primer,lalu antibodi primer berikatan dengan second/konjugat antibodi yang mengikat enzim, di bantu dengn penambahan substrat membentuk kompleks warna.
Elisa metode competitif yaitu antigen-antibody yang telah diinkubasi berikatan dengan secondary antibodi, di bantu dengan penambahan substrat membentuk kompleks warna.
Elisa metode Sandwich/Capture yaitu capture-Ab berikatan dengan antigen, lalu antigen berikatan dengan primary-Ab. Primary-Ab berikatan lagi dengan Second-Ab yang mengandung enzim, dan dengan dengan penambahan substrat membentuk kompleks warna. 


Peralatan ELISA :
1. Wel dan Wel Rack
2. Washer elisa
3. Elisa Reader




PENGUKURAN ELISA DENGAN PANBIO KIT (Capture IgM Elisa)





Prinsip : berdasarkan prinsip sandwich
(immunologi & Virologi :81-82 , Materi Training by Sugande Arora & Zaahira Gani)






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar